04 Juni 2017

Yogyakarta Part 1: Punthuk Setumbu Hills


Jogya nampaknya serius menggarap pariwisata ya, tiap tahun selalu ada saja tempat wisata yang baru, jadi berkali-kali ke Jogja tidak bosenin. Juga rasanya sekarang hanya sekedar 2-3 hari tidak cukup rasanya untuk explore Jogja ini. Bayangkan dari sunrise saja bisa tercipta tempat wisata baru.

Saking banyaknya untuk ulasan sharing tempat wisatanya ini saya akan bagi-bagi sesuai mood menulisnya ya, sebagai informasi tempat-tempat ini tahun 2017 sedang ngehits, di antaranya Bukit Punthuk Setumbu, negeri di atas awan Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan, Bukit Mojo, Wisata Seribu Batu, Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan yang kesemuanya satu arah perjalanan. Tidak ketinggalan juga ke Kalibiru untuk buat foto kekinian di spot foto gardu pandang yang top banget indahnya.

Sebelum di lanjut ini lagi bongkar-bongkar file di laptop ternyata foto-foto Jogja yang sempat diabadikan lengkap juga mulai dari badan lagi chubby, agak chubby sampai kembali ke berat badan normal, he..he..he.

Sorry, mindahin foto kenangan dulu nih.






1. Bukit Punthuk Setumbu-Borobudur

Kalau ke sini karena satu arah dengan candi Borobudur jadi banyak di jual sebagai satu paket wisata, selain Sunrise Punthuk Situmbu-Borobudur juga ada paket Sunrise Bukit Hotel Manohara-Borobudur.

Yang di jual di lokasi wisata ini adalah keindahan pemandangan terbitnya matahari yang mucul di balik punggung gunung Merapi-Merbabu. Memang saat menyaksikannya ada terbersit suasana 'agung' yang entah bagaimana muncul, menyaksikan keindahan karya kebesaran Allah SWT.

Untuk dapat ke sini diperlukan perjuangan untuk bangun pagi karena lokasinya di Magelang dekat dengan candi Borobudur. Bila anda menginap di daerah Malioboro perjalanan akan makan waktu sekitar 1 jam sampai 1 jam 15 menit. Bila ikut travel wisata biasanya akan berangkat jam 03.30-04.00 karena mengejar matahari terbit yang biasanya di waktu jam 05.15-05.30.

Bila ikut rombongan travel sih tidak masalah, tapi kalau bawa mobil sendiri atau rental mobil yang supirnya belum tau jalan agak sulit menemukan jalannya karena harus masuk ke jalan desa.

Agak disayangkan juga, karena hal ini hanya sekedar tanya lokasi jadi dikomersilkan, nanti di depan Borobudur akan ada guide yang menawarkan jasa pengantaran sampai ke bukit Punthuk Setumbu ini dengan tarif Rp 50.000, dari Borobudur jaraknya sekitar 10 menitan.

Setelah sampai nanti kita akan parkir di bawah, Setelah itu ada loket tiket masuk Rp 15.000/orang. Dari situ harus jalan kaki ke atas puncaknya, lumayan juga harus jalan dengan rute yang menanjak sekitar 10 menitan.  

Dulu waktu sampai ke sini masih subuh banget, gelap gak sempet foto-foto deh. Ini saya sharing suasana sudah di atasnya ya sekalian video saat detik-detik terbit mataharinya.







Ini rekaman videonya detik-detik Sunrise dari punggung Gunung Merapi

                                      

Setelah fajar menyingsing sudah pasti pada mulai deh selfie



Karena yang di jual Sunrise, selepas jam 07.00 biasanya sudah sepi kembali..bubar pada lanjut ke Borobudur mumpung masih pagi belum panas.











Saran kalau ke Borobudur memang mendingan pagi jam 09-10 udara mulai panas, bayangin aja wisata di candi kan langsung  jemur di bawah matahari langsung.

Kalau tidak mau ribet ikut rombongan tur saja, banyak kok yang nawarin paket Sunrise ini, di hotel aja biasanya kerja sama dengan biro tur gitu, tarifnya sekitar Rp 100-150 ribuan, karcis masuk ke Borobudur sih hanya Rp 30.000/orang berarti sisanya untuk transportasi Yogya-Magelang kan Borobudur di Magelang.

Kalau yang merencanakan travelling full day seharian rental mobil, dari Borobudur lanjut ke Kali Biru di Kulon Progo jalurnya tinggal terus 1 jam lagi. Kalau ke Prambanan mah balik lagi dulu ke Yogya, Prambanan better ke sananya sebelum pulang karena rutenya satu jalur ke airport Adisoetjipto.

Ok, itu dulu ya, nanti di sambung lagi sisanya.

Salam,
Beny Satyahadi

NB:
Kalau ingin lanjut ke Part 2: Kali Biru, klik yang ini.
Kalau ingin lanjut membaca ke Part 3: Negeri di atas awan (aka) Kebun Buah Mangunan klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar