01 Juni 2017

Memilih Travel Assistant


He..he..he, mumpung saya belum di endorse salah satu dari website booking hotel online tertentu, jadi saya bisa bebas nih sharing ke rekan-rekan semua pengunjung blog ini tentang bagaimana mencari hotel yang murah tapi nyaman dengan bantuan travel assistant yang sekarang lagi menjamur.

Kalo di tanya saya lebih suka website booking yang mana?ya pasti jawabannya yang paling gede ngasih diskon, betul gak?mau itu adanya di misteraladin, pegipegi, traveloka, airyrooms, zenrooms, agoda, airbnb, reddoorz, nida rooms, atau bahkan website resmi hotelnya macam grup accor hotels. Bagi saya yang terbiasa solo travelling karena tugas dari kantor, pilihan selalu jatuh pada hotel budget yang nyaman saja, kebetulan SPPD di tempat saya kerja 100% lumpsum jadi lumayan kalau nginepnya di hotel yang murah sisa lebihnya bisa dipakai beli oleh-oleh untuk keluarga, he..he. Beda keperluannya kalau travelling bareng keluarga, apalagi bawa anak-anak minimal hotel dengan rate **** dan ada kolam renangnya. Tapi tetep memilih hotel dengan rate bintang yang banyak juga harus cerdas dalam memilihnya agar dapat fasilitas yang lebih 'wah' dengan harga yang sama.

Ameneties ini sah ya di bawa pulang asal jangan handuk loh...😂

Intinya sih teman-teman tidak usah takut ketipu booking online via website or applikasi booking hotel online itu di jamin 100% aman, dan 100% sesuai dengan yang anda booking. Tipsnya ya jangan salah pilih type kamarnya. Kalo situ pilih Room only ya berarti tidak dapat sarapan. Kalau mau dapat sarapan pilih Room with breakfast. Juga cek kebijakan hotelnya, yang standar sih jam Check IN itu jam 14:00 dan jam check OUT 12:00. Awas check OUTnya jangan telat, baca kebijakan hotel, salah salah malah kena denda tambah 50% dari tarifnya karena check OUT telat misalnya jadi jam 12:15.

Sekarang kita lanjut check satu-satu ya semua aplikasi booking hotel online yang ada.

1. pegipegi.com
Vocer hotel dari pegipegi.com


Di pegipegi.com, pilihan hotelnya lengkap mulai dari guest house sampai hotel  ***** pun ada. Salah satu tempat andalan karena ada fasilitas diskon dari akumulasi hotel yang kita booking sebelumnya.

Tips di pegipegi.com ini anda sebisa mungkin daftar jadi member, toh gak rugi gratis cuma kasih nomer HP dan alamat email aja itupun memang nanti akhirnya buat konfirmasi pengiriman vocer hotel yang telah terbit setelah anda transfer sejumlah uang sesuai harga hotelnya. Perbedaan harga non member dengan member lumayan juga bisa terpaut 20%. Juga anda mendapatkan point reward langsung dalam bentuk Rupiah yang bisa diakumulasikan untuk menjadi potongan diskon saat booking hotel selanjutnya.


Di pegipegi.com ini ada tapinya ya, harga yang ditampilkan saat memilih kamar tuh belum harga final, pajak dll nya belum di cantumkan, ingin lihat harga finalnya ya harus masuk ke menu pembayarannya dengan pilih "PESAN". Aman kok klik aja, selama belum transfer mah mau masuk menu mana aja bebas.

Ini contoh ya, harga booking saat memilih kamar di pegipegi.com:

Saat kita masuk menu pilihan pesan Room harganya Rp 618,860 
Ternyata harga finalnya adalah:
Website agoda.com juga memakai cara yang sama dengan pegipegi.com ini menampilkan harga kamar hotel yang belum termasuk pajak dan biaya pelayanan. Makanya teliti ya, tapi pegipegi.com ini kadang-kadang lebih sering memberikan diskon sih tinggal kitanya teliti dalam melihat harga finalnya.

Oh ya untuk lebih dapat harga yang lebih ok coba deh bukanya via applikasinya, ada tambahan diskon khusus untuk booking via applikasinya. Cari sendiri di playstore ya.

Di pegipegi.com selain bisa booking hotel juga bisa booking tiket pesawat dan KA. Untuk pembayarannya sampai saat ini selain pakai CC juga transfer bank, belum bisa bayar di alfamart.



2. misteraladin.com


Memang harus perjuangan dikit cari diskonan ya, kalo di Traveloka, agoda, pegipegi tidak ada diskon yang spesial tiba-tiba di misteraladin ada diskon 50% untuk NIDA Rooms, lumayan saya pernah dapet hotel di Menteng Jakarta only 500 ribuan.

Di misteraladin, harga yang tertera adalah harga final ya, tidak seperti pegipegi yang belum include pajak dll. Jadi harga yang tertera adalah harga yang di bayar.

Menurut saya harga di misteraladin ini moderate, biasanya ngasih diskon 8-10%. Juga jangan ragu sign up jadi membernya, untuk dapet kode promo duluan sebelum di umumkan di websitenya. Di web ini juga ada loyalty program cash back sekitar 6% dari transaksi kita yang bisa dijadikan potongan langsung ataupun di transfer ke rekening bila sudah mencapai

Website misteraladin.com ini sepertinya mengkhususkan untuk booking hotel saja tidak melayani booking pesawat maupun KA.Untuk pembayarannya sampai saat ini selain pakai CC juga transfer bank, belum bisa bayar di alfamart.

Kalau masuk website ini jangan berhenti di search hotel saja, lihat-lihat di bagian promonya, kadang-kadang ada penawaran fantastik loh, seperti Wisata Kapal Pesiar pernah ada penawaran Buy 1 Get 1 Free, iya betul kapal pesiar diskon 50%!

3. RedDoorz

RedDoorz juga salah satu booking online yang sering memberikan diskon 50%. Di sini campur sih antara hotel dan guest house. Tapi kalo saya lagi pergi sendiri sih tidak terlalu mempermasalahkan mau hotel or guest house yang penting kamarnya bagus, ber AC, hot shower, wifi kenceng dan dekat dengan lokasi acara yang akan di datangi.

Ini benerloh gw pernah dapet guest house daerah Senopati depan lapangan Blok S yang mana di situ kan daerah mahal, you know harganya cuma Rp 120 ribuan.


Ini kamarnya lengkap ada kulkas segala


Di RedDoorz harga sudah all in, sudah termasuk pajak dll, jadi harga yang tampil saat memilih hotel itu sudah harga final. Baik booking online via aplikasi di handphone harganya sama bila dibuka di laptop. RedDoorz hanya travel agent khusus penginapan tidak bisa booking pesawat ataupun KA. Untuk pembayarannya sampai saat ini selain pakai CC juga transfer bank, belum bisa bayar di alfamart.

Di RedDoorz bila booking 7 hari sebelumnya diskon 25% dan ini nampaknya everlasting promo, tiap buka aplikasinya promo ini ada terus.

4. Traveloka

Nah ini dia dari ke-3 travel agent di atas, Traveloka paling lengkap, malah jual pulsa HP segala, gw curiga lama-lama dia bakalan jualan token listrik juga deh, wkwkwk.

Saya akui dari ke-3 aplikasi booking online yang di atas, saya lebih banyak transaksi di Traveloka khusus kalau milih hotel-hotel non budget yang ada kolam renangnya.Walaupun pelit ngasih diskonan paling hanya 10%, tapi kalau rate hotel lagi normal semua, rate di Traveloka menurut saya yang paling lumayan murah selisih 50 ribuanlah sama yang lain. Semua kelas hotel lengkap ada, ya seperti pegipegi lah, tapi kadang di Traveloka kamar kos-kosan juga di masukin di sini, masa ada simple room Rp 95rb/malam, sewaktu di lihat foto-fotonya ini mah kos-kosan, wkwkwk.





Salah satu kelebihan Traveloka pembayarannya bisa lewat alfamart/indomart cuma nambah Rp 5000, ini sangat berguna loh, kadang-kadang kan kalo akhir bulan saldo di tabungan di kuras sampai habis bisa susah kalau kita harus transfer pembayarannya.

Tapi semurah-murahnya Traveloka kadang kalo hotel punya website sendiri bisa lebih murah booking langsung di websitenya hotel tersebut.


5. Zen Rooms

Untuk Zen Rooms saya pernah coba juga, uniknya kalau kita booking via Zen Rooms pagi hari dari tanggal  booking kita sudah dapat sms notifikasi, kali aja kelupaan. 


Juga sering juga loh ngasih kode booking diskon, sering malah ngasih diskonnya 30%.


Di website Zen Rooms atau aplikasinya harga sudah all in, sudah termasuk pajak dll, jadi harga yang tampil saat memilih hotel itu sudah harga final. Baik booking online via aplikasi di handphone harganya sama bila dibuka di laptop. Zen Rooms hanya travel agent khusus penginapan tidak bisa booking pesawat ataupun KA. Untuk pembayarannya sampai saat ini selain pakai CC juga transfer bank, belum bisa bayar di alfamart.

6. Airy Rooms

Nah ini dia travel agent terfavorit untuk booking hotel budget. Sering banget ngasih diskon. Setiap bulan malahan, kadang 50%, kadang 25%, 15%+40%, malah pernah gila jual kamar diskon 80%.
Kalau Airy Rooms kadang diskon berlaku khusus untuk aplikasi di handphone saja, apabila anda booking via website by desktop or laptop kode kupon tidak berlaku. Lihat di S&K nya ya.

Menurut saya pilihan hotel budget di Airy Rooms lebih banyak daripada Zen Rooms dan RedDoorz. Di Traveloka ataupun pegipegi pilihan kamar Airy Rooms ada juga di sana tapi biasanya yang ada diskonnya ya di website resminya Airy Rooms.

Oh ya harga yang ditampilkan di website ataupun aplikasi kadang bisa beda 10% disarankan download aplikasinya. Tapi harga yang di tampilkan baik di website maupun aplikasi adalah harga all in, sudah termasuk pajak, dll.


7. Air BnB, 8. Accorhotel 9. agoda

Ini tidak saya review, sebab belum pernah coba. Why?karena ketiganya pembayaran harus pakai Credit Card. Dan untuk masukan data-data CC saya di HP belum sepenuhnya saya merasa aman karena kalau sudah buka dan masuk aplikasi/website tertentu jarang sekali untuk Sign Outnya. Jadi sementara pakai yang bayar via transfer saja.


Berikut tips-tips dalam memakai aplikasi airy rooms, zenrooms, dan reddoorz:

Tidak seperti aplikasi pegipegi, traveloka, booking.com, aplikasi/website airy rooms, zen rooms dan reddoorz tidak menampilkan nama hotel. Karena memang mereka bukan nama hotel tapi nama broker yang bekerja sama untuk menjualkan kamar hotel kepada khalayak. Biasanya adalah nama jalan tempat hotel/guest housenya berada so nama-nama yang muncul di ketiga situs itu adalah Airy Cicendo Bandung, Zen Rooms Setiabudi, RedDoorz Melawai


Untuk mengetahui nama hotelnya sebelum melakukan pembayaran, anda tinggal zoom saja nama lokasi tempatnya.

Berikut saya contohkan yang Airy Rooms, ada satu apartemen yang bagus akan muncul kalau anda short pilih hotel yang ada kolam renangnya di Jakarta. Lihat foto-foto hotelnya juga bagus, tapi apakah itu?


Muncul di aplikasi airy rooms namanya Airy Grogol Kyai Tapa

Setelah di zoom maksimal ternyata namanya The Gloria Suites

Baik di airy, zen, maupun reddorz tidak banyak ulasan tentang hotel ini. So, anda tinggal buka traveloka untuk lihat ulasan apartemen The Gloria Suites.

Kok dari tadi ribet ya?Kenapa tidak pakai Trivago saja?

Trivago oke, kalau kita bandingkan semua situs online tersebut dalam keadaan harga normalnya. Ingat situs/aplikasi online memberikan diskon bukan langsung di cantumkan di halamannya langsung tapi anda harus menginput kode diskon pada kolom pembayarannya.

Ini contohnya saya ambil lagi dari situs/aplikasi airy rooms:

Yang di baca dan dibandingkan oleh Trivago harga yang ini:


Tapi ada kupon diskon dari Airy Rooms 25% dengan ketik kode AYOMUDIK di kolom Gunakan Kupon untuk memperoleh diskonnya:


Sehingga ini sisa yang harus kita bayar.


Lumayan kan hemat Rp 95 ribuan. Dan ini tidak terbaca oleh Trivago.

Gimana ribet ya?yah namanya juga usaha, lumayanlah kerja 6 menitan palingan buka aplikasi 1-1, begitu kita buka aplikasi/websitenya kan yang pertama tampilnya adalah pengumuman diskonnya. So, worth it lah cuma buka 6 aplikasi habis itu tutup lagi untuk cek yang mana ngasih diskon yang paling besar. Tadi contohnya yang diskon 25%, coba gimana hanya gara-gara percaya 100% sama satu applikasi online kita harus bayar full, enggak taunya di salah satu applikasi yang sudah di bahas tadi kita bisa dapat diskon 50% untuk hotel yang sama!Saya kadang begitu, bila akan berpergian pantengin terus sampai H-1 baru memutuskan booking hotel lewat applikasi apa, soalnya pernah kejadian juga nyaris saja bayar normal Rp 580.000 di Traveloka eh pas di cek satu-satu ternyata dengan kamar yang sama malah diskon 50% di misteraladin.

So, begitulah cara kerja mendapatkan diskon di applikasi/website booking online. semua sama harus masukan kode diskonnya baru diskon sekian persennya bisa kita nikmati. 

Tips yang ke dua check dan recheck tanggal booking, saya pernah tidak konsen maksud hati booking tanggal 12 eh milihnya tanggal 8 saat booking yah hangus deh, kan kalau sedang diskon gitu non refunable.

Ok, that's all folks. Begitulah sekelumit suka duka berburu hotel murah. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Salam,
Beny Satyahadi

10 komentar:

  1. Bermanfaat infonya, mas (:

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Memang demikianlah tujuan blog ini, untuk sharing pengetahuan, mulai dari yang 'berat' sampai review hotel pun di sharing... :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  5. terima kasih infonya �� lengkaaaap
    btw sharing aja: kalau sekalian tiket pesawat di traveloka, smpet nyari2 yg skalian sama hotel/hostel, ada bbrp yg dapet airy juga dan selisih harganya jadi lumayan banyak dibanding kalau beli pesawat dan airy room terpisah �� tapi mungkin balik lagi tergantung lokasi dan waktu ya ahaha

    BalasHapus
  6. Nice information kak ☺☺ tapi kalo menurut kakak yang 2 app yang recomended yang mana ya soalnya memori sedikit udah kebanyakan aplikasi 😂😂

    Makasihhh

    BalasHapus
  7. Yang paling sering ngasih diskon Airyrooms, yang gak ribet harganya Traveloka.
    Coba aja dulu, kayanya gak ngabisin memori 2 applikasi itu.

    BalasHapus
  8. Makasih banyak infonya Mas Benny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip.
      FYI untuk booking sekarang sampai 27 Sept ada promo di Reddoorz 99rb tuh. Silahkan di cek website. Hidup modis...

      Hapus