25 Agustus 2018

Top 3 Sundanese Resto Di Gerbang Masuk Kota Bogor

Berikut saya rekomendasikan 3 tempat makan 'berat', enak dan mengenyangkan ala Sundanese Foods bila anda berkunjung ke Bogor. Semua Sundanese Resto yang recomended ini lokasinya dekat dengan pintu exit tol Bogor yang merupakan gerbang masuk ke kota Bogor. 

Sebenarnya ada banyak Sundanese Resto yang ngehits dan ngejual menu yang oke punya di Bogor, tapi di sini saya hanya rekomendasi 3 resto saja karena lokasinya yang di pintu masuk kota Bogor tidak jauh dari exit tol kota Bogor.

Recomended Top 3 Sundanese Resto di sini yaitu De Leuit Resto, Kluwih Resto dan Gili-Gili Resto.

Bila anda keluar di pintu exit Tol Bogor ambil ke arah kiri, akan dengan mudah menemukan resto ini, karena yang satu ada di Jalan Bina Marga sebelah jalan tol pisan (Kluwih Resto), satunya lagi dekat dengan putaran kendaraan di Jalan Pajajaran (De Leuit Resto) dan satu lagi ada di jalan utama Jalan Pajajaran arah ke Tajur (Gili-Gili Resto).

Yuk kita bahas satu-satu, sekalian saya pindahin kenangan di sini semoga juga bisa menjadi referensi rekan-rekan semua para pembaca blog ini.

1. Kluwih Resto


Kalo Resto yang satu ini letaknya di Jalan Bina Marga samping banget jalan tol, saat akan exit tol Bogor dari jalan tol sudah kelihatan. Setelah anda exit tol Bogor ambil jalan ke kiri, nanti ada belokan pertama masuk ke dalam itulah jalan Bina Marga. Resto ini lokasinya kurleb sekitar 200 meter dari entry jalan Bina Marga tadi.

Resto ini adalah yang paling baru dibandingkan ke dua resto yang lain. Di sini minim fasilitas lesehannya, mungkin karena ingin lebih menjual menu ngaliwet ala Sunda gitu ya yang makan nasi liwetnya pakai daun pisang di amparin panjang, so banyak mejanya di tata manjang gitu yang mendukung makan nasi liwet khas Sunda.

Nasi Liwet khas Sunda andalan Kluwih Resto



Deretan meja panjang yang cocok banget untuk ngaliwet bareng-bareng



Ini daftar menunya:









Kluwih Resto nampaknya ingin dijadikan family friendly resto ya dengan adanya taman bermain anak di tengah-tengah areanya (di lantai 1), walau kecil lumayanlah untuk ngasuh anak kecil agar tidak rewel.

Area bermain anak di Kluwih Resto

Satu hal yang oke juga, Resto ini punya 2 lantai di mana lantai 2 ada spot favorit untuk nongkrong dan foto-foto dengan background pemandangan Jalan Tol.


Nongkrong di Lantai 2 Kluwih Resto

Oh ya sekilas info juga, persis di belakang Kluwih Resto ini terdapat 2 tempat yang paling banyak di cari juga di Bogor yaitu penginapan RedDoorz yang namanya RedDoorz Exit Tol Bogor dan True Colours Cafe. Udah niat berkali-kali mau mampir ke True Colours Cafe ini tapi ada saja halangannya, semoga kapan-kapan bisa mampir dan di ulas juga di blog ini, coz Enci yang punyanya ternyata satu almamater dengan saya, hehehe.

Red Dooerz Exit Tol Bogor

True Colours Cafe

Suasana di Kluwih Resto in vids:




2. De'Leuit Resto

Lokasi

Sebenarnya Resto De'Leuit ini ada 2 tempat, tapi yang di bahas di sini yang di daerah Pakuan ya, yang dekat dengan exit tol Bogor sebelah kiri. Dari jalan raya utama masuk ke dalam sedikit sekitar 50 meter ke Jalan Pakuan (belakangnya pas Giant Pakuan kalo dari pinggir jalan utama).


Kawasan di sini memang area tempat wiskul ya, di sebelah persis De'Leuit ini ada Momo Milk Barn, nyebrang dari De'Leuit ada Kedai Kita, sonoan dikit lagi ada Pizza meteran.

Area samping dan depan De'Leuit

Kalo ke sini apalagi saat weekend siap-siap antri ya, parkirannya juga tidak begitu luas, jadi yang sabar aja deh nunggu antriannya. Ada sih tempat nunggu antriannya, malah area bermain anaknya di sini luas banget, kalo ngajak anak malah lupa mau makan di sini malah jadi asik ngasuh anak jadinya.


De'Leuit emang areanya paling luas di antara 3 resto ini, udah tingkat 2, area lesehan and non lesehannya banyak juga area bermain untuk anaknya juga paling luas.





Berikut daftar menu di De'Leuit (update Agustus 2018):








Yang khas di sini:


Nasi Jambal De'Leuit with or without Sayur Asem

Set Nasi Jambal De'Leuit+Karedok

Gurame Goreng Menari khas De'Leuit

Menu khas Orientalnya:

Kapiting Soka Saos Padang (kepitingnya udah di fillet)

Udang Saos Spesial De'Leuit (asem manis dengan banyak potongan bawang bombay)

Kayanya juga De'Leuit ini resto Sunda favorit keluarga gw, mulai anak dari kecil sampe anaknya udah pada gede kumpul dan makan-makan di De Leuit sering banget. Sekalian deh pindahin fotonya di sini.











3. Gili-gili Resto

Kalau 2 resto di atas ada di area Jalan Pakuan yang mana dari jalan utama harus masuk dulu ke dalam ke Jalan Pakuan (pinggir jalan tol), kalau Gili-gili ini terletak di Jalan Utama Jalan Pajajaran yang menuju ke arah Tajur.


Dari segi luas tempat diantara ketiga resto ini, Gili-gili dengan Kluwih nampaknya 11-12 ya, kalo De'Leuit kan emang yang paling luas tempatnya. Tapi enggak luas di sini bukan berarti kecil dan sempit ya, masih gedelah cukup banget untuk acara makan rombongan sekeluarga.

 Pintu masuk






Saya jarang ke sini karena tidak ada area bermain anaknya, jadi kalau ke sini biasanya kalau kangen dengan nasi gurih jambalnya. Biasanya walau sudah pesan yang nasi gurih komplit tetap saja harus nambah nasi gurih jambal, memang khasnya sini kok.

Oh iya ini daftar menunya:








Tidak banyak yang saya coba di sini hanya sebatas nasi gurih jambalnya yang menjadi khasnya Resto ini.

Set Nasi Gurih & Nasi Liwet khas Gili-gili gak ketinggalan karedok





Selalu tambah Nasi Gurih Jambalnya yang enak banget

Asinan Jagung Bakar khas Gang Aut ada juga di sini

Di sini area untuk anak bermain hanya disediakan seperti area lapangan kecil gitu yang alasnya kayu, lumyanlah buat anak lari-larian di sini.



Selain itu juga ada tempat yang memang disediakan khusus untuk berselfie ria seperti tempat-tempat hits lain jaman now, hehehe kan jadi pengen foto-foto juga nih.




Oh ya sebagai catatan, ketiga resto ini semua menyediakan toilet dan musholla yang baik ya, jadi tenang kalau mau berlama-lama di sini dengan fasilitas yang lengkap gini.

Demikian semua reviewnya, semoga bisa memberi referensi teman-teman yang sedang berwisata ke kota Bogor.

Salam,
Beny Satyahadi


PS: Baca ini juga salah satu tempat oke untuk makan dengan keluarga :
       "Kedai Kita for the Best Mie Hot Plate & Pizza Kayu Bakar In Bogor"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar