21 November 2019

Hotel 101 Bogor: Hotel Cantik yang Family Friendly


Masih posting yang ringan saja deh, review hotel lagi aja ya sodara sekalian, kebetulan hotelnya cukup oke buat staycation singkat bersama keluarga karena hotelnya Family friendly banget, yup inilah Hotel 101 Bogor Suryakencana.

Namanya juga Hotel 101 Suryakencana Bogor pastilah lokasinya di Jalan Suryakencana Bogor. Jalan Suryakencana tuh jalan arteri yang entrance utamanya ada persis di depan gate utama Kebun Raya Bogor. Di sini jalannya sistem satu jalur, hati-hati kalau ada perlu ke daerah sini jangan sampai terlewat soale kalau terlewat harus muter lagi deh dan muternya lagi untuk balik ke posisi awal tuh lumayan jauh.

Jalan Suryakencana/Suryakancana/SurKen ini adalah China Town-nya Bogor, bukti bahwa di Bogor masyarakat etnis apapun bisa hidup berdampingan. Awal masuk jalan ini juga sudah ada gerbangnya yang sudah menunjukkan China Town banget yang namanya "Lawang Suryakancana".

Lawang Suryakancana

Lokasi hotelnya dari Lawang Suryakancana ini sekitar 500 meter dan berada di sebelah kiri jalan. Dengan banyaknya plang dan baliho besar yang menunjukkan eksisnya hotel ini saya rasa anda tidak akan kesulitan mencari hotel ini.


Indomaret tepat di depan hotel memastikan anda tidak akan kekurangan cemilan selama di hotel

Mulai masuk ke dalam area hotel auranya sudah berbeda dengan jalan raya, di sepanjang Jalan Surya Kencana itu gersang dan panas, masuk ke area hotel 101 lumayanlah di sambut dengan banyak pohon apalagi ada kolam jernih dengan ikan koi di dalamnya jadi lupa deh sama kondisi jalan yang crowded di depan hotel ini, hehehe.



The Lobby
Hotel 101 ini kategorinya masuk **** (bintang 4) tapi saat masuk ke lobby biasa aja suasananya nyaris berkesan 'just fungsional' tidak menunjukkan aura yang mevvah-mevvah gimana gitu, nampaknya tema hotel ini memang ingin memberi kesan 'modern trendy gitu kali ya bukan jual aura mevvah mevvah gimana gitu, hehehe.


Untuk Check IN dikenakan deposit Rp 200K yang akan dikembalikan kalo enggak di pake saat checkout nanti, tapi enaknya di hotel ini kita bakalan dapat keycard 2 pcs, udah jarang loh hotel yang kasih keycard 2 gini.

Bergaya dulu di lobby

Oh ya setelah urusan Check IN beres, dapet welcome drink juga ternyata, lumayan segelas orange jus dan keripik ubi dan talas yang merupakan khas Bogor. Tempat ambilnya di restonya yang namanya Djoeragan Resto.

Welcome drink and snack
Untuk hotelnya tidak tinggi-tinggi amat sih, kalau di hitung dari lobby ke atas itu hanya ada 7 tingkat lagi. Tapi biasalah, gara-gara fengsui nampaknya di hotel ini juga sama gak ada lantai yang di kasih lantai 4, abis lantai 3 langsung lantai 5 jadi kalo baca di lift kaya ada 8 lantai.

Lift with access card system

Lorong menuju kamar

And voila its my room!Room number 6023. Kelas Deluxe Balcony with Pool view.



Room gw waktu itu deluxe with balcony pool view. Sementara di hotel-hotel lain di Bogor yang ada balconnya tapi gak bisa di buka alias di kunci mati karena mungkin khawatir ada tamu yang ingin bunuh diri, di hotel ini bebas, balkon difasilitasi dengan baik dan di buka, terserah pada tamunya, mau balkonnya di pakai untuk duduk-duduk sambil menikmati pemandangan alam yang indah atau balkonnya di pakai sebagai sarana bunuh diri itu keputusan anda, bukan salah hotel!Mantap.


Karena oke, jadi balik lagi deh ke sini. Roomnya tetap sama kelasnya Deluxe with Pool View hanya kali ini roomnya nomer 7001. Untuk suasana dan luas kamar sih sama saja, hanya beda ukuran bed. Waktu sendiri ke sini karena urusan pekerjaan roomnya ambil yang twin bed, saat family vacation karena yang queen bednya habis ditawari twin bed yang di satukan tapi jadi berasa lebih lega.


Ini yang twinbed, tiny gini ya bed-nya

Queen bed habis diganti twin bed digabung kok jadi lebih luas ya?

 Slippersnya niat bikin enggak kelihatan murahan

Yang paling oke, ketika masuk kamar, ada penyambutan yang unik dan private, baru kayanya di hotel sekitaran Bogor yang ada seperti ini.


Catatan Room kelas Deluxe with balcony Hotel 101 Bogor :
  • kamar entah kenapa rasanya tidak terlalu luas, dari spec roomnya dengan luas 30 m2 itu mungkin sudah termasuk balconnya. Ini berbeda dengan room deluxe nya Amaroossa Bogor dengan luas 28 m2 nampaknya cukup leluasa di dalam kamar untuk ber-4 dengan anak-anak.
  • bed yang twinnya duh betul-betul tiny, hahaha yang punya badan lebar jangan deh ambil yang twin bed gini, tapi anehnya kalau kehabisan yang queen bed dikasih twinbed yang digabung malah jadi lebar bednya
  • kalau cari kulkas, cari di bawah meja kerja ya, mini refrigeratornya ngumpet di situ
  • AC dingin bingits
  • slipper boleh nih di bawa pulang, bagus modelnya enggak kelihatan slipper murah meriah
  • ada hairdryer in the bathroom
  • insulasi kamar moderate lah masih terdengar langkah orang jalan di depan kamar
  • balcon memanjakan yang ingin santai dengan view langsung ke pool dan pemandangan kota







Oh ya, setiap weekend (or tanya saja jadwal pastinya sama concierge hotelnya) di samping pool nya ngadaian BBQ gitu, bayarnya Rp 150 K/pack anda sudah bisa makan sepuasnya mulai menu tumis-tumisannya sampai menu grillnya and free flow minum juga. Hehehe enak dibayarin orang gini nih, ternyata nginep gw udah include BBQ ini, asik jadinya malming enggak usah kemana-mana lagi cari makanan. Daging-dagingannya mulai seafood lengkap, daging ayam, daging sapi bahkan daging kambing juga ada ternyata di bikin kambing guling gitu. Mantap deh.


Setelah BBQan malamnya perut jangan lupa dikosongin lagi kalau anda ambil paket room+breakfast, duh breakfastnya juga bikin kalap, yuk kita cek menu breakfast di sini.

Eh tapi sebelum ke resto kita keliling-keliling dulu yuk, kita lihat-lihat fasilitas yang lain yang ada di sekitar hotel ini. Ternyata selain ada Gym dan poolnya juga ada penyewaan sepeda di sini, cocok deh Bogor sudah mendesain kotanya agar ramah terhadap pesepeda, malah seputaran Kebun Raya Bogor ini trek khusus sepeda sudah tersedia loh.

Sewa sepeda Rp 50K/2 jam

Cocok nih sesepedahan di sekitar Kebun Raya Bogor

Oke balik lagi ke fasilitas hotelnya, di sini ada Gym yang lumayan juga tentu saja tersedia area pool yang family friendly dengan kolam paling dalam hanya 1,2 meter dan kiddoz poolnya 60 cm saja, tapi dengan catatan ya bila anda berniat akan berenang di sini pede aja ya kalau dilihatin yang lagi makan di resto, coz area restonya kan di desain langsung menghadap poolnya biar bisa makan cantik sambil foto-foto gitu, hehehe.





The Pool

Sekarang ke Restonya ya. Djoeragan Resto namanya, lokasi ada di bawah deket lobby, dan okenya sudah buka sejak jam 06.00 pagi. Untuk menginap dalam rangka bisnis ini penting karena biasanya saya sudah checkout dari hotel maksimal jam 08.00 untuk langsung ke lokasi kerja, breakfast jam 06.00 juga lebih enak karena biasanya masih sepi cocok lah untuk para blogger yang gak mau foto-foto dan ngevlognya terganggu saat sudah banyak orang.

Ada corner khusus kids food juga

Pokoknya mah menu-menu makanan di sini no complainlah, memang seharusnya ya kelas bintang 4 ya breakfastnya seharusnya memang begini.



Oh ya, adisionalitas breakfast di sini lumayan mahal bingit.

Anak >5 tahun gratis, anak 5-10 tahun bayar 82,5K, dewasa Rp 165K. Kalau mau ada tambahan breakfast mending beli vocernya di resepsionis sekalian Check IN saja jangan bayar pas di resto. Kalau beli di resepsionis vocer breakfasnya Rp 140K, diskon 20rb lumayanlah. Pokoknya urusan breakfast mah gak komplenlah, restonya siap memanjakan your eyes, your mouth and your tummy, hehehe.

Satu hal lagi yang harus diketahui, hotel 101 SurKen ini adalah salah satu hotel yang family friendly di daerah Bogor, selain kolam renangnya yang oke dengan yang paling dalampun hanya 1,2 meter tiap wiken khususnya di hari Minggu pagi, hotel ini menyelenggarakan kidz activity, jarang loh di Bogor ada hotel dengan kegiatan ini.

Kegiatan kidz activitynya lumayan banyak :
- wisata naik delman gratis keliling jalan SuryaKencana
- cooking class
- nonton bareng film anak, mewarnai lukisan dan arena taman bermain anak
- kasih makan ikan koi

Acaranya Hari Minggu pagi mulai jam 08.00, lokasi di sebelahnya pool untuk yang cooking class dan nonton bareng, kasih makan ikan di kolam ikan dan delman disediakan di halaman depan hotel. Yang boleh ikutan maksimal anaknya usia 10 tahun saja, ya lebih-lebih dikit bolehlah, hehehe.

Cooking class bikin sandwich

Sehabis bilas untuk krucil balita ada acara nonton bareng film kartun, mewarnai dan main bersama di taman bermain mini.


Kalau anak udah bosen sambil tunggu waktu checkout permainan pindah ke depan memberi makan ikan koi dan naik delman. Makanan ikannya disediakan pihak hotel, all free.



Oke nampaknya itu semua yang bisa saya sharing untuk anda-anda semua mengenai pengalaman menginap di Hotel 101 Hotel Suryakancana Bogor.

Oh ya, untuk anda yang menginap room only, bila anda mengira anda bisa wiskul di Gang Aut pagi-pagi anda salah, area wiskul favoritnya nya belum buka sampai sekitar jam 09 pagi. Tapi ada sih 2 jajanan khas Bogor yang saya pantau sudah buka dagangannya malah sejak jam 07.00 tapi warungnya bukan yang terkenal gitu.

Ini nih wiskul Gang Aut yang sudah buka sejak jam 07.00 :

2 warung yang buka paling pagi di Gang Aut

Sudah semua nampaknya yang bisa saya sharing untuk anda semua, mudah-mudahan dapat sebagai masukan untuk anda yang sedang menimbang untuk menginap di hotel ini.

Saya jarang-jarang balik lagi yang ke-2 kalinya ke sebuah hotel, tapi untuk ke hotel ini sebuah pengecualian, hehehe saya kan family-man banget dan hotel ini family friendly banget.

Salam,
Beny Satyahadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar