30 Juli 2017

Sate Maranggi yang selalu jadi favorit



Sebelum mengulas tentang Sate Lilit Bali, Sate Klathak Jogja, saya wajib mengulas dulu sate yang selalu jadi favorit sejak dahulu kala sejak jamannya saya masih tinggal di Cipanas sekitar tahun 2005-2010 yaitu Sate Maranggi.

Ternyata ada dua aliran besar besar gaya penyajian Sate Maranggi ini yaitu gaya Purwakartaan dan gaya Cianjuran.

Selengkapnya silahkan baca ulasan berikut.


1. Sate Maranggi Purwakarta

Kalau yang sering ke Bandung jaman dulu belum ada tol Cipularang pasti sudah mengenal tempat makan Sate Maranggi yang paling kesohor se Purwakarta ini, karena lokasinya pinggir jalan yang di lalui bus antar kota yang akan ke Bandung. Gile tempat luas kaya lapangan bola gitu pembelinya selalu penuh.

Ya tempat ini adalah Sate Maranggi Cibungur Purwakarta, lokasinya pinggir jalan utama jalur Cikampek-Bandung, dari exit pintu tol Cikampek sekitar 2 km lagi.




Di sini sistemnya setelah pilih meja, pilih makanan, anda ke kasir dulu langsung bayar.




Untuk harganya update terakhir setelah Lebaran kemarin sudah Rp 4.000/tusuk sudah tidak Rp 2.500/tusuk lagi. Satenya di jual per tusuk ya bukan per porsi.

Selain Sate Maranggi ada juga sih stand makanan lain, tapi ngapain juga makan ayam bakar, ke sini jauh-jauh ya mau makan Sate Maranggi lah. Yang ke sohor se Indonesia.

Tambahannya cocok dengan sop iga dan tentu saja Es Kelapanya yang juara juga. Hmmm...



Sate Maranggi khas Purwakarta ini disajikan dengan potongan tomat dan gerusan cabe rawit, jadi memang perpaduan yang pas antara sate empuk yang gurih berbalur rempah dengan pedas manis dari potongan tomat dan gerusan cabe rawitnya. Kalau tidak di cocol ke potongan tomatnya masih enak kok anak-anak pasti suka tidak pedes, bumbu Sate Maranggi ini sudah meresap sebelum di bakar jadi di makan tanpa tambahan apapun sudah enak banget.

2. Sate Maranggi Cianjur

Daerah Cipanas Puncak ada tempat makan Sate Maranggi yang terkenal juga. Kalo baca di tulisan lain lokasinya di Cianjur, padahal kalau orang lokal sini nyebut Cianjur berarti itu mah di pusat kota Cianjur daerah Pasar Muka atau alun-alun kota Cianjur. Lokasi tepatnya Sate Maranggi yang terkenal ini yaitu Sate Maranggi "Sari Asih" masih berada di Cipanas, di depan persis Kantor Pegadaian Pacet, kalau dari Istana Presiden Cipanas, masih sekitar 5 menit lagi berkendara menuju lokasinya.

Dulu jualannya di depan kantor pegadaian itu masih ngampar di pinggir jalan kaya abang-abang jualan bakso gitu, karena enak dan makin lama makin laku sekarang jualannya sudah punya tempat seperti rumah makan. Lokasinya juga masih di situ cuma nyebrang saja. Kebetulan dulu saya tinggal tidak jauh dari kantor pegadaian Pacet situ, kalo Minggu pagi sekalian olah raga makannya selalu Sate Maranggi itu, selain Bubur Ayam Mang Ade yang juga terkenal di Cipanas.


Yang unik Sate Maranggi gaya Cianjuran ini bisa dinikmati dengan nasi atau Ketan Bakar, dan ada tambahan Sambel Oncomnya!Yup, betul sambal oncom ini racikan oncom yang dari rasanya kemungkinan di masak dengan campuran bawang putih dan cabe rawit, hmm pakai nasi hangat duh mantap.






Kalo Sate Maranggi gaya Cianjuran ini ada pilihan dagingnya yang pakai lemak atau tidak pakai lemak. Harga update setelah lebaran kemarin yang pakai lemak Rp 2.500/tusuk, sedangkan yang tanpa lemak Rp 3.000/tusuk. 

Yang jadi catatan, makan Sate Maranggi memang harus pana-panas ya, karena daging yang diapakai daging bagian Sandung Lamur yang memang agak-agak berlemak, kalau dingin sudah tidak begitu enak.

Dulu saat ngidam mau Sate Maranggi saya harus bawa istri ke Cipanas, untung sekarang di Bogor pun sudah ada ya. Yang terkenal Sate Maranggi SN 444, yang lokasinya persis di sebelah 'Kuntum Nurseries' daerah Tajur. Kalo di Maps gak keluar lokasi Sate Maranggi ini, carinya Kuntum Nurseries aja pasti ada, nanti pasti kamu lewatin tuh depannya.

Pasang aja lokasi di Gmaps ke Kuntum Nursery, lokasinya nih persis di sampingnya banget.





Berhubung belum begitu terkenal kali ya di Bogor jam bukanya belum 24 jam seperti yang di Cianjur atau di Cibungur, di Tajur sini baru buka jam sekitar jam 17.00, padahal pagi-pagi paling enak tuh makan Sate Maranggi.




Sate Marangginya gaya Cianjuran, tidak ketinggalan Sambel Oncomnya, walaupun sambel oncomnya menurut saya masih lebih enak yang di Cipanas.

Eh iya, di sini ada Lantai 2 nya juga loh sambil makan Maranggi bisa sambil selfie, he..he.





Demikian ulasan mengenai salah satu makanan kesukaan saya yaitu Sate Maranggi, sekarang sudah ada di Bogor lumayanlah ada tempat makan Sate Maranggi juga di Bogor jadi kalau suatu waktu ingin makan Maranggi tidak perlu jauh ke Purwakarta atau Cianjur.

Salam,
Beny Satyahadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar