31 Mei 2019

Tempat Makan Favorit di Palabuhan Ratu


Menikmati segarnya kelapa muda dan nikmatnya olahan masakan seafood langsung di pinggir pantai dengan semilir angin sepoi-sepoi merupakan kenikmatan tersendiri yang sensasinya hanya dapat dirasakan bila kita wiskul di pinggir pantai. 

Di posting kali ini yang merupakan lanjutan dari posting saya yang "Jalan-jalan ke Pantai Palabuhan Ratu", saya akan sharing kepada anda semua tempat makan favorit saya di sepanjang pantai Palabuhan Ratu.


Tentu tidak ingin kan kalau kasus-kasus 'digetok' pedagang yang sempat viral di sosmed terjadi pada anda?Sepanjang pengetahuan saya di area wiskul daerah Plara hal tersebut belum pernah terjadi. Ada sih kasus 'digetok' pedagang tapi masih enggak keterlaluanlah, tidak pernah ada yang ngeluh makan di warung pinggir pantai kualitas kaki-5 tapi harus bayar sampai berjuta-juta seperti yang terjadi di pantai daerah lain.

So, dengan niat berbagi dan juga ikut berkontribusi terhadap perekonomian daerah Sukabumi, maka posting ini saya buat sebagai panduan anda agar dapat menikmati makan enak dan tetap enak juga di kantong anda.

Daerah wiskul ini saya batasi di sekitar area Citepus saja, karena memang sepanjang Citepus ini sajalah area yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal kalau berkunjung ke Palabuhan Ratu.

Yuk ah, kita mulai wiskulnya.


Ketika anda sudah memasuki area pantai Citepus Plara, akan anda temukan banyak tempat makan di sepanjang bibir pantai Citepus ini. Saran saya pilihlah tempat makan di rumah-rumah makan ini, why?sebab selain dapat menikmati makanan dengan pemandangan laut lepas dan angin pantainya juga kalau anda dan keluarga ingin sekalian main-main di pantainya, semua rumah makan pinggir pantai ini menyediakan kamar bilas gratis.

Anda hanya tinggal bayar makanan saja. Juga enggak ada yang ngelarang kok kalau anda ingin menghabiskan waktu 2-3 jam atau lebih atau sepuasnya duduk-duduk di sini sambil menunggu keluarga anda bermain-main di pantai. Dari obrolan saya dengan salah satu pemilik, malah mereka senang kalau banyak tamu yang stay berlama-lama kan seolah-olah rumah makannya penuh terus dan itu iklan gratis untuk menggaet tamu lain agar dapat menikmati makanan di tempat mereka. Sayapun kalau ke sini minimal menghabiskan waktu 2 jam, sehabis makan kan kenyang pasti bawaannya ngantuk, lumayanlah sedikit take a nap numpang tidur gratis sebalum balik lagi pulang, hehehe.








 Deretan Rumah Makan Pinggir Pantai Citepus

Oh ya, rumah makan di sini umumnya mempunyai daftar harga makanan jadi akan bikin anda tenang. Yang aman sih memang kalau tidak ada daftar harganya anda langsung pergi saja biar aman kantong anda, hehehe.

Sebagai acuan harga berikut saya berikan di rumah makan langganan saya kalau ke Plara yaitu Rumah Makan Saridona. Tapi dari pengalaman saya rata-rata harganya kurang lebih sama lah, beda-beda tipis aja antara rumah makan satu dan lainnya.

1. RM. Saridona
Gara-gara pasang logo AQUA di billboardnya jadi langganan deh 





View langsung laut lepas 



 Aaaah, damai dunia




Silahkan di zoom out untuk lihat daftar harga menunya

Untuk rasa so-so lah karena gw juga baru bisa makan udang and cumi bakar doang jadi gak bisa komentar banyak untuk rasa seafoodnya.





Selain kelapa muda, es selasih air mata duyung ini favorit di Sari Dona


Sehabis makan jangan lupa jalan-jalan dulu menikmati angin pantai.





2. RM. Dapoer Muara Kenari

Kalau yang ini lokasinya yang paling jauh dari Citepus tapi yang memiliki suasana yang modern dibandingkan yang lain. Yang paling oke di sini adalah ada balkon di tingkat atasnya dengan view langsung ke laut lepas juga selain live music juga bisa karaoke gratis..tis, yang pede bisa nyanyi cocok ke sini.




Akses pintu ke pantai and free tempat bilas

Free wifi, cocok nih buat penulis cari inspirasi di balkon atas sambil memandang laut lepas




Daftar harga lupa enggak di foto, tapi kurang lebih samalah dengan RM Saridona. Enggak bisa komen soal rasa ikan bakar atau yang lainnya karena saya hanya bisa makan seafood sebatas udang goreng tepung, udang bakar, cumi bakar dan cumi goreng tepung, hehehe.


3. RM. Citepus Indah

Sebenarnya rumah makan ini bersebelahan dengan RM. Saridona tetapi saya letakkan paling terakhir karena selain ada resto di sini ada salah satu penginapan recomended yang ada di Plara yang akan saya sharing di posting selanjutnya.

Sama seperti yang lain, di sini langsung akses ke laut dan ada tempat bilas gratis bagi yang ingin sambil main-main di pantai.





Untuk daftar harga juga kurang lebih sama dengan di RM. Saridona, gak tau juga ya nampaknya bagaimanapun kondisi tempat rumah makannya baik yang suasana modern ataupun yang standar harganya kurang lebih saja beda-beda tipis.





Oke nampaknya itu semua yang bisa saya share untuk anda semua mengenai rekomendasi tempat makan enak di sekitar pantai Citepus Palabuhan Ratu.

Di posting selanjutnya akan saya guide anda untuk memilih penginapan yang tepat masih di sekitar area Palabuhan Ratu dalam posting "Rekomendasi Tempat Menginap di sekitar Pantai Palabuhan Ratu."


Salam,
Beny Satyahadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar