10 Februari 2018

Wisata Kota Bandung: Jalan Asia Afrika-Jalan Braga

Salah satu eh salah dua nama jalan yang ikonik di Bandung kota adalah Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga. Wisata kota Bandung biasanya ya di seputaran jalan ini saja, jarang terdengar ada turis nyasar sampai ke Pasir Koja misalnya, he..he.

Hotel di seputaran 2 jalan ini saja banyak banget. Berikut daftar hotel yang saya tau yang ada di ke dua jalan tersebut: (yang kelas Melati belum di sebut nih ya)

A. Hotel di Jalan Asia Afrika 
  (di mulai paling ujung jalan tembusan dari Jl Gatot
   Subroto ke arah dekat alun-alun/mesjid raya)
  1. Hotel Ibis Budget (paling dekat ke Gatot Subroto)
  2. Hotel Savoy Homan (paling deket ke Jalan Braga, ke museum Asia Afrika)
  3. Hotel Zodiak Asia Afrika (paling dekat dengan Alun-alun dan Mesjid Raya)
  4. Hotel Golden Flower (berhadap-hadapan dengan hotel Zodiak Asia Afrika)


Savoy Homan, Heritage Hotel di Bandung

 Hotel Zodiak dan Hotel Golden Flower di Jalan Asia Afrika-saling berhadapan

Hotel Ibis Budget Asia Afrika-lokasi sebelum Hotel Savoy Homan


B. Hotel di Jalan Braga (di mulai dengan yang paling depan dekat Museum Asia Afrika)
     (di mulai paling ujung jalan tembusan dari Jl Gatot Subroto ke arah dekat alun-alun/mesjid raya)
  1. Chez Bon Hostel
  2. Hotel Gino Ferucci Braga
  3. Aston dan Fave Hotel Braga (ada di dalam satu komplek Mall Braga City Walk)
Untuk yang ingin baca ulasan hotel Zodiak dan Golden Flower Asia Afrika bisa baca di sini:


1. Jalan Asia Afrika


Jalan ini merupakan salah satu jalan yang bersejarah di Indonesia, karena konferensi Asia-Afrika  (KAA I) yang pertama kali diadakan di sini. Di jalan ini juga terdapat Mesjid Raya Bandung, juga yang pasti terdapat Museum Asia Afrika.

Wisata kota di sini biasanya para turis lokal berfoto ria di halaman Mesjid Raya Bandung yang memang di buka untuk umum dan gratis. Anak-anak juga pasti seneng di lepas di sini biar pada main lari-larian sepuasnya. FYI rumput yang ada di depan area Mesjid Raya Bandung itu rumput sintesis yang kaya karpet, jangan lupa lepas alas kaki ya, kecuali kaos kaki di pakai tidak apa-apa.





Di sini untuk anak sholeh dapat menjadi tempat wisata sholat shubuh juga. Kan jarang-jarang bisa sholat shubuh di Masjid Legenda.


Beres sholat shubuh, bisa mulai cari spot cantik yang lebih oke kalau di foto petang atau pagi hari, terlepas eksekusi fotonya nanti cantik atau tidak itu murni skill dan gear fotogtafi masing-masing, he..he.



Duh tapi sayang, lupa foto selfie di spot foto ikonik yang satu ini saat shubuh, soale kalau siangan dikit sudah susah fotonya.


Bagus juga foto-foto di depan, dan di dalam Museum Asia Afrika.




Yang belum pernah ke Museum Asia Afrika dan ingin tau seperti apa di dalamnya, silahkan klik link berikut : Inside Museum Asia Afrika Bandung.


2. Jalan Braga

Persimpangan Jl Asia Afrika-Jalan Braga



Jalan Braga mengingatkan saya pada jalan di sepanjang Jalan Kartika Plaza menuju Pantai Kuta. Jalan kendaraannya tidak terlalu lebar pas 2 mobil saja, jalur pedestriannya selalu ramai. Kiri-kanan banyak terdapat bar, cafe dan hotel. Jangan kaget juga kalau lihat bar yang memajang alkohol terang-terangan kelihatan dari jalan.

Yang membedakan jalan di Braga ini baik jalanan untuk kendaraan dan pedestriannya sudah cantik pakai batu alam kalau baca sih itu batu andesit.



Kalau ini Jalan Kartika Chandra sampai ke Pantai Kuta Bali, hampir mirip ya.

Yang unik di Jalan Braga ini terdapat Hostel yang cukup top punyanya mendiang Pak Bondan Maknyus yaitu Chez Bon. Ini juga sepertinya yang menyebabkan di Jalan Braga banyak bule berlalu lalang, sepertinya banyak backpacker asing yang pada nginep di hostel sini. Pengen sih sekali-sekali nyoba nginep di hostel yang sistem mixed dorm kaya asrama gitu, tapi belum kesampaian. Seru juga sepertinya ya.


Ya intinya sih di Braga nih cocok untuk nongkrong-nongkrong dengan teman-teman kita, tinggal pilih tema Cafenya saja, banyak kok Cafe yang non alkohol.

Untuk yang bawa keluarga ada tempat nongkrong keluarga di Braga Citiwalk, duh hilang fotonya. Langsung aja ke sana ya banyak tempat asik di Braga Citiwalk.

Demikian sharingnya, mudah-mudahan berguna.

Salam,
Beny Satyahadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar