11 Februari 2018

Inside Museum Asia Afrika Bandung


Bolak-balik ke Bandung bahkan pernah nginep di hotel di Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga tetapi baru kemarin sempet masuk dan jadi tau dalemnya Museum Asia Afrika.

Ternyata masuknya gratis toh, tinggal memang butuh effort meluangkan waktu saja sekitar 30 menitan untuk menambah pengetahuan tentang Konferensi Asia Afrika pertama yang diadakan di gedung tersebut.


Lokasi Jalan Asia Afrika itu yang dekat Mesjid Raya Bandung, depannya hotel Savoy Homan. Yang unik pintu masuknya memang di Jalan Asia Afrika tapi nanti exitnya keluar gedungnya bisa langsung ke Jalan Braga, memang lokasiny di persimpangan pertigaan Jalan Asia Afrika-Jalan Braga.

Ternyata buka setiap hari ya Senin-Minggu, tutupnya hari Libur Nasional saja.


Kalau mau tau sejarah mengenai museum ini, bisa mengikuti sarasehan ini, tiap 1 jam sekali memang ada guide yang akan menjelaskan dari A-Z mengenai sejarah museum ini.

Atau kalau mau langsung lihat-lihat yang lain sambil selfie juga gak ada yang larang



Kamera dan mesin tik yang digunakan pada saat KAA 1




Kalau ini Ruang Sidang di mana Konferensi Asia Afrika berlangsung. Jadi bisa merasakan duduk di kursi di mana delegasi dari peserta KAA juga duduk di sini. 



Di ruangan konferensi nanti akan di putar film sejarah KAA. Sayang kalau acara sudah di mulai sudah tidak boleh menyalakan kamera lagi.


Begitu keluar dari Museum KAA, ada Taman Merdeka di sebelahnya persis Museum AA ini, nanti di sambut orang-orang yang lagi Cosplay di situ, kemarin waktu ke sana lagi Cosplay ala-ala hantu gitu. Duh Bandung kok enggak kreatif gini ya, sudah jaman now masih aja Cosplay ala-ala Pocong dan sebangsanya, eh tapi di Kota Tua samping Museum Fatahillah juga 11-12 juga sih masih ada aja Cosplay hantu-hantuan gitu. Duuuh.


Ayo yang belum ke museum, ajak anak-anaknya biar tau sejarah dan kebesaran bangsa ini di masa lampau.

Salam,
Beny Satyahadi

2 komentar:

  1. Sama pak... saya juga orang bandung cuma lewat lewat aja tapi belum pernah tau di dalam gedung merdeka ada apa dan baru tau ada museum nya juga kemarin ya sy masuk aja... ternyata free juga...😊

    BalasHapus
  2. Museum memang kurang menarik ya, tugas kuratornya tuh agar museum bisa menarik minat anak2 milenial agar pada mau datang ke sana.

    BalasHapus