01 Juni 2017

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta Jakarta

Warning!
Ini blog pribadi, untuk dokumentasi sebagai kenangan pribadi, so sorry ya untuk anda yang nyasar ke sini, akan banyak foto-foto selfie saya nih di sini...he..he..he.


Alhamdulillaah walau cuma kelas Ekonomi tapi standar flight corporate di tempat saya bekerja saat ini adalah dengan Garuda Indonesia Airways (GIA). Mulai pertengahan tahun 2016 GIA punya terminal sendiri yang terpisah dengan maskapai lain, dan mulai tahun 2017 ini sudah all in baik Domestik ataupun Internasional flight sudah semuanya via Terminal 3 ini.

Yuk, yang biasa naik maskapai ekonomi kalau belum pernah ke Terminal 3 ini saya sharing suasana insidenya Terminal 3. Ini foto-foto yang berhasil saya kumpulkan dari beberapa kali flight saya Dinas ke luar kota.

1. Infront

Gate keberangkatan terletak di Lantai paling atas, di sini tidak ada tempat parkir, penumpang hanya di drop off saja, selanjutnya kendaraan baik pribadi ataupun Taxi or Damri Bandara kudu harus langsung berangkat lagi.

Dulu pas awal-awal di buka thn 2016 ada Mercy Tiger sebelum gate masuk, buat spot selfie


Sekarang Mercy Tigernya udah gak ada


2. Gate #1 Check IN

Asiknya di Terminal 3, pengantar bisa masuk ke Gate#1 ini karena di Gate 1 belum di cek tiket, hanya scanning body dan bagasi saja. Tiket baru di cek saat masuk boarding lounge, jadi kalau flightnya masih lama pengantar masuk aja ke dalam, di gate#1 ini juga ada pintu exitnya seperti kalau ke Supermarket tidak belanja kan disediakan pintu exit khusus yang tidak belanja, so pengantarnya tidak perlu keliling ke lantai paling bawah untuk kembali ke kendaraan.


3. Check IN area

Karena khusus GIA, tenang aja bro, gak usah antri, lo mau check in di mana aja bebas, juga banyak banget tempatnya, gak usah antri cari aja tempat yang kosong. Counter check in untuk internasional dari A sampe C, domestik dari D sampe F di masing2 ada sekitar 14 tempat.




Di sini tempatnya ok juga dan lumayan lengkap ada toilet, musholla, kalau lapar ada tempat makan n ngopi juga, bisa lihat-lihat lukisan juga ada taman buat tempat foto-foto.







3. Gate#2 Boarding Lounge

Ini enaknya di Terminal 3, pengantar bisa mengantar sampai area boarding lounge. Soale baru di area sini di check kelengkapan tiket.

See, sebagian di atas bukan penumpang tapi pengantar


Setelah check ticket, kembali check body dan scan bagasi kembali sebelum masuk ke area boarding lounge.

Ini penampakan boarding lounge lantai atas, bisa santey-santey dulu di sini sebelum menuju ke gate apron di lantai bawahnya.







Ternyata banyak tukang jajan juga di Terminal 3 ini, ngebakso ahh





Sekarang ke basement ya, kita menuju ke gate apronnya.




Minim travelator mungkin desainernya bermaksud untuk menggalakkan jalan kaki. Apalagi kalo pesawatnya parkir di gate 17 yang paling ujung, lumayan keringetan jalannya. Tapi ada sih kaya mobil golf mini gitu yang nganterin orang-orang sepuh, elo juga kalo enggak mocal coba aja stop tuh mobil nebeng bareng nenek2 & kakek2.



Udah nemu gate pesawatnya?mau duduk-duduk atau bobo cantik nunggu juga bisa, sambil ngasuh anak juga sekarang malah sudah ada taman bermain mini untuk anak-anak. Oh iya, semua gate menuju pesawat semua full pakai garbarata di sini enggak ada lagi harus naik bis dulu nyamperin pesawatnya yang kadang pesawatnya tuh parkirnya jauh di tengah-tengah.









Oh iya info juga nih karena Terminal 3 letaknya memang agak jauh dari terminal 1 dan 2 padahal jalur take offnya mah tetap 1 yang dulu-dulu juga jadi kerasa banget kalo pesawatnya Naxinya lamma ada kali hampir 10 menitan cuma naxi doang dari apron sampe ke jalur take off. Udah gitu antrii mau take offnya juga. 

Ini ada foto bukti CGK eamng super sibuk, mau take off aja gantian udah gitu jaraknya dket-deket pula antar pesawat. Yang ada sayapnya itu pesawat yg gw naikin, antrian ke 3 take offnya, di depannya ada Garuda kemudian Lion, Garuda lagi eh di belakang Air Asia cuma jarak sepelemparan batu ternyata sudah siap-siap juga, gilee.




4. Gate Exit

Nah kalo ini saat elo flight pake Garuda sampe di CGK













Ok, thats all folks.

Semoga dapat memberi gambaran untuk yang mencari artikel tentang Terminal 3 ini.


Salam,
Beny Satyahadi

3 komentar: