20 Juni 2017

Tips Liburan ke Lembang Bandung


Ulasan liburan kali ini saya sharing ke tempat wisata daerah Bandung, yang tentu sudah banyak yang tau, tapi dengan niat tulus ikhlas tulisan ini di buat untuk menambah referensi rekan semua yang sedang cari informasi wisata ke daerah Bandung.

Tempat wisata Bandung pada umumnya terbagi 2 yaitu yang di daerah Bandung Utara dengan tempat yang terkenal Ciater-Gunung Tangkuban Perahu-Maribaya-Lembang, dan daerah Bandung Selatan dengan tempat yang terkenalnya Kawah Putih Ciwidey-Situ Patenggang-Ciwalini.

Tulisan kali ini dan berseri selanjutnya akan di ulas daerah wisata Bandung Utara daerah Lembang dan sekitarnya. Untuk seputaran Lembang saja tempat wisatanya banyak, coba deh cek di Maps penampakannya akan seperti ini.


Saran yang harus diperhatikan untuk wisata ke Lembang ini:
  1. Memang lebih enak kalau ke Lembang ini jangan hari libur atau week end karena dipastikan jalurnya macet parah, cek di Waze merah semua jalannya, tapi kalau tidak hari Libur rasanya memang kurang asik ya jalan-jalannya.
  2. Bila terpaksa di hari Libur tetapkan tempat wisatanya ke tempat-tempat yang berdekatan dengan penginapan, karena bila berjauhan bisa habis waktu di jalan karena macet. Pengalaman saya ke Lembang ini waktu hari Minggu, berangkat dari hotel daerah Braga jam 09.30 rencananya akan ke The Lodge Maribaya malah terpaksa putar balik karena jalurnya stack hampir 1,5 jam hanya jalan 100 meter. Niat ke Maribaya jadi ke Farm House saja.
  3. Jalur menuju Maribaya-The Lodge Maribaya jalannya jelek jalan kampung aspal rusak di mana-mana, udah gitu jalurnya sempit pas 2 jalur mobil, bila ada yang mogok wasalam deh macetnya.
  4. Yang mengandalkan Google, kalau berangkat dari Bandung ke Lembang, bila jalurnya macet biasanya akan di arahkan ke jalur yang tidak macet yaitu lewat Ciambuleuit terus ke Punclut. Emang sih tidak macet tapi jalannya safari mendaki gunung lewati lembah, jalan sempit tapi aspalnya lumayan dengan tanjakan dan turunan yang tajam bila kendaraan tidak sehat siap-siap mogok udah gitu ini jalan kampung tidak di jamin ada bengkel, pom bensin di tengah jalannya ya. Jadi sebaiknya bila kendaraannya tidak yakin sehat lewat jalur normal saja via Setiabudi. Kecuali memang sengaja akan ke Punclut ya.
  5. Tempat wisata yang berdekatan: 
  • Daerah Lembang Atas 1: Maribaya-The Lodge Maribaya (satu jalur)
  • Daerah Lembang Atas 2:Floating Market-De Ranch-Kebun Bunga Begonia-Tahu Susu-Rumah Sosis
  • Lembang bawah/masih daerah Setiabudi: Museum Amazing Art World-Fam House
Lebih enak bila ingin puas keliling Lembang mulainya dari Lembang atas ya, di mulai dari Maribaya ke bawah ke De Ranch dll lalu turun lagi sebelum ke kota masih ada Farm House, udah gitu mulai dari atas sampai bawah banyak tempat makan yang sekalian juga menjual pemandangan seperti Imah Seniman, Kampung Daun, Dusun Bambu, yang akan di ulas juga kapan-kapan.

Berikut penampakan jalur alternatif Bandung-Lembang via Punclut:







Dan ini penampakan jalur ke Maribaya-Maribaya The Lodge:








Semoga informasi ini berguna untuk rekan semuanya.

Salam,
Beny Satyahadi

5 komentar:

  1. tempat makan di punclut memang tempat paling romantis buat makan di tempat wisata bandung

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Iya betul mbak,liburan ke Bandung mau ala backpacker bisa, mau yg luxury juga bisa. Yang belum kesampaian bagi saya adalah menginap di dormitory hotel padahal di Bandung udah banyak ya hotel berkonsep demikian.

      Hapus
  3. Terimakasih informasinya, saya selalu kebayang macet kalau mau ke lembang
    Travelling

    BalasHapus