Senin, 08 November 2010

Jalan & Jajan Ke Kota Bogor (bagian ke-1)


Sebetulnya sudah lama ingin menulis tentang kota Bogor ini tapi baru sempat sekarang deh, kebetulan saya lahir di Bogor, dan saat ini pun tinggal di Bogor. Apalagi kalau saya ngobrol dengan teman-teman di kantor masih banyak yang sering salah jalan dan tidak tau harus kemana saja kalau ke Bogor, padahal Bogor "hanya" 50 km saja dari Jakarta, saya aja setiap hari kerja selalu Bogor-Jakarta PP. Untuk itulah di blog ini saya ingin berbagi informasi selengkap mungkin kepada sobat muda semua mengenai kota Bogor, walaupun saya yakin di HP sobat muda semua sudah terinstal Google Maps, tapi dengan panduan tulisan ini saya harap dapat lebih membantu untuk menemukan lokasi terutama lokasi wisata dan lokasi kuliner khas kota Bogor.

MENCAPAI KOTA BOGOR
Semua tujuan untuk ke kota Bogor ini saya ambil dengan patokan dari Jakarta.

Ke Bogor memakai Bis Umum
Bis umum yang langsung ke kota Bogor dilayani dari wilayah Jakarta Timur (Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogadung), Jakarta Barat (Terminal Kali Deres), Jakarta Utara (Terminal Tanjung Priok), sedangkan Jakarta Selatan dilayani dari Terminal Lebak bulus, juga dilayani dengan Shuttle Bus Damri dari Bandara Soekarno Hatta.
Dari Terminal Kp. Rambutan bis jurusan Bogor akan memutar di putaran Pasar Rebo sebelum masuk Tol JORR dan nyambung masuk Tol Jagorawi. Selain bis yang memang berasal dari Terminal, di putaran Pasar Rebo ini juga berkumpul bis-bis ke Bogor yang berasal dari tujuan Bogor-Bekasi dan Bogor Cikarang. Tarif Rp 7.000 dengan bis AC atau  Rp 5500 dengan bis non AC.

Dari Terminal Pulogadung bis akan melewati depan Pusat Grosir Cempaka Mas/Gudang Garam sebelum masuk tol dalam kota dan nyambung masuk Tol Jagorawi. Naik dari Terminal atau depan Cempaka Mas sama tarifnya yaitu  Rp 12.000 untuk bis AC.

Dari Terminal Kali Deres bis keluar tol dulu di depan Jakarta Desain Center (slipi), jalan pelan-pelan sambil nyari penumpang sampai akhirnya masuk ke Tol dalam kota depan Hotel Kartika Chandra/Planet Hollywood, lalu nyambung masuk Tol Jagorawi. Naik dimanapun tarif sama-Tarif Rp 12.000.

Dari Terminal Tanjung Priok, bis tidak langsung masuk Tol, tapi berjalan dengan pelan sepanjang jalan dibawah fly over Priok, melewati depan Kelapa Gading, Pusat Grosir Cempaka Mas sebelum masuk tol dalam kota dan nyambung masuk Tol Jagorawi. Jadi kalau kita menunggu dibawah fly over sebelah Timur Cempaka Mas/ Gudang Garam kita bisa naik bis Jurusan Pl.Gadung-Bogor ataupun Tj.Priok-Bogor dengan tarif yang sama yaitu Rp 12.000 untuk bis AC.
  
Ke Bogor memakai angkutan Kereta Listrik
Stasiun-stasiun yang dilewati KRL tujuan Bogor-Jakarta adalah sebagai berikut:
    Stasiun KOTA - JAYAKARTA - SAWAH BESAR - MANGGA BESAR - GONDANGDIA - GAMBIR - JUANDA - CIKINI - MANGGARAI - TEBET - CAWANG - DUREN KALIBATA - PASAR MINGGU -  LENTENG AGUNG - PONDOK CINA - UI - DEPOK BARU - DEPOK LAMA - CITAYAM - BOJONG GEDE - CILEBUT – BOGOR
    Ada tiga pilihan KRL yang dapat digunakan yaitu:
    1. KRL Ekonomi Non AC, akan berhenti disetiap stasiun dengan lama perjalanan dari Stasiun Kota ke Stasiun Bogor  sekitar 2 jam. Tarif Rp 2000 dengan catatan KRL ini sangat tidak nyaman, pengamen, pengemis, dan pedagang asongan bebas masuk dan semua tidak berhenti lalu lalang mulai dari Stasiun Kota sampai di  Stasiun Bogor :(
    2. KRL Ekonomi AC akan berhenti disetiap stasiun. Tarif Rp 5500 dengan catatan KRL ini walau penuh dijamin tidak ada lagi pengamen, pengemis, atau asongan. Walau penuh cukup teredam dengan dinginnya AC malah kadang-kadang AC dan kipas anginnya ON kedua-duanya, tapi waktu tempuhnya sama dengan KRL Non AC yaitu sekitar 2 jam.
    3. KRL AC Pakuan Express dengan tarif Rp 11.000 waktu tempuh kira-kira 75 menit karena non stop tidak berhenti, kecuali di Stasiun Gambir  dan  pada jam tertentu di sore hari akan berhenti juga di St. Bojong Gede dulu sebelum langsung berangkat ke Stasiun Bogor. 
    Ke Bogor memakai sarana sepeda motor
    Bagi para biker yang hendak ke Bogor paling mudah adalah dengan menyusuri Jalan Raya Bogor yang dapat diakses lewat Pasar Rebo, masuk jalan raya utama Jalan Raya Bogor di depan pabrik Susu Bendera lalu tinggal mengikuti jalan tersebut yang pada akhirnya akan tembus ke Kota Bogor melalui Warung Jambu. Plang penunjuk jalan sepanjang jalan raya Bogor sangat jelas jadi jarang ada yang kesasar. 

    Ke Bogor dari Bandara Soekarno-Hatta
    Shuttle bis dari Ke Bogor dari Bandara Soekarno-Hatta dilayani sejak Pagi sampai sekitar pukul 21.00. Tetapi jadwalnya tidak pasti sebab bisnya kadangkala ada yang ngetem di Bandara atau malah harus menunggu bis yang datang dari Bogor (dari Bogor jadwal bis damri ke bandara  adalah 04.00-18.00). Tarif Rp 25.000.

     Ke Bogor dengan kendaraan pribadi
    Yang paling nyaman tentu saja lewat jalan tol Jagorawi, yang saat ini sudah terhubung baik dengan jalan tol Jakarta-Cikampek, ataupun Jalan Tol dalam kota. Perjalanan 47 KM, ke arah Bogor jarang macet kecuali kalau ada kecelakaan, atau saat SBY pulang ke Cikeas! Tarif tol Rp 6000 dari pintu  masuk tol TMII. 
     
    SISTEM & SARANA TRANSPORTASI DI KOTA BOGOR


    Membawa kendaraan pribadi atau naik kendaraan umum (angkot) di kota Bogor relatif tidak membingungkan karena hampir semua jalan  utama menggunakan sistem 2 arah kecuali Jalan Surya Kencana yang menggunakan sistim 1 arah,  jadi arah anda datang juga merupakan arah anda pulang. Juga enaknya di kota Bogor ini, Terminal Bis dan Stasiunnya relatif ada ditengah-tengah kota jadi dari sana memudahkan anda untuk kemanapun di kota Bogor ini.

    Dari Terminal Bis ini bila anda mau melanjutkan perjalanan ke Puncak, Cianjur, Bandung bahkan Merak pun ada, sedangkan keretanya lanjut ke Sukabumi tapi tidak KRL tapi KRD yang berangkat jam 16.00 dari Bogor sampai di Sukabumi sekitar jam 18.30. Sedangkan shuttle bus dari Bandara akan berakhir di kawasan parkir Mall Botani Square. 

    Terminal bis kota Bogor bernama Terminal Baranangsiang yang terletak di Jalan Raya Pajajaran. Sistem angkutan umum (angkot) di Bogor  juga sangat simple, semua angkot ada nomernya, anda tinggal menghapal nomer angkot atau jurusannya,  angkot yang mengantarkan anda ke suatu tempat pasti akan kembali ke tempat asal anda naik.

    Juga ada sado/delman dengan jurusan kemanapun anda mau asal harganya cocok, biasanya sih delman ini hanya mengantar orang yang jalan-jalan untuk berkeliling Kebun Raya Bogor ,tarifnya sekitar Rp 20.000.

    Bemo saat ini sudah tidak ada lagi di kota Bogor, tinggal jadi merk kecap saja. Ga percaya?coba deh makan soto Bogor, hampir pasti kecap yang dipakai kecap Cap Bemo!

    Ojek sangat jarang di kota Bogor, paling hanya di gang-gang yang masuk ke dalam dari jalan utama. O ya, kota Bogor disebut juga kota seribu angkot jadi sudah ga perlu ada ojek kalee! Lagian angkot di kota Bogor rata-rata beroperasi bahkan sampai jam 24.00 (kan Bogor ramai) jadi yang naik ojek  biasanya orang yang ga tau jalan.

    Sejak tahun 2009 di Bogor telah beroperasi Trans Bogor yang namanya Trans Pakuan dengan bus ¾ AC, cukup nyaman dari pada naik angkot dengan tarif Rp 3000 melayani rute ke arah paling Timur kota Bogor yaitu sampai Rancamaya di Ciawi sampai ke arah paling Barat kota Bogor yaitu terminal Bubulak. Terminal pusat transit utama Trans Pakuan terletak di depan Terminal Baranangsiang sebelah kiri mall Botani Square namanya jalan Cidangiang. Sistemnya beda dengan Trans Jakarta, kalau Trans Jakarta bila kita telah bayar tiket dan tidak keluar halte maka mau nyambung kemanapun gratis, dengan Trans Pakuan kalau anda ingin nyambung dari kawasan Timur ke kawasan Barat (dari ciawi ke bubulak) walaupun anda berhenti di halte utama anda harus tetap bayar lagi untuk menuju lokasi selanjutnya. Dari halte utama di Jalan Cidangiang pada jam-jam tertentu juga melayani shuttle bis ke kawasan Mall Belanova di Sentul.

    Semua Angkot dalam kota di kota Bogor semua satu tarif. Jauh-Dekat Rp 2000, kecuali angkot nomer 02 dan 03 bila sampai terminal Bubulak Rp 3000.

    PUSAT KERAMAIAN DAN PUSAT JAJAN KOTA BOGOR
    Semua tempat di Kota Bogor boleh dibilang ramai, selain Kota Hujan, kota Bogor sering di sebut sebagai  kota seribu angkot, jadi otomatis sama angkotnya yang seribu saja sudah rame :). Dengan pusat kota yang terletak hampir ditiap wilayah kota Bogor mungkin terlalu panjang kalau dijabarkan satu-persatu. Disini yang akan saya  tulis adalah tempat-tempat yang biasa di datangi dan paling di cari oleh orang luar Bogor apabila mereka pergi ke Bogor.

    Apa tujuan anda ke Bogor?Cari udara segar? Anda salah! Saat ini kota Bogor juga sudah panas tapi tidak seperti di jakarta yang panasnya benar-benar terik, di Bogor walau panas masih ada angin sepoi-sepoi mengingat lokasi kota Bogor terletak di kaki Gunung Salak. Jadi kalau cari udara segar tanggung , tinggal lanjutkan perjalanan ke puncak. Yang di kunjungi biasanya Kebun Raya Bogor, beli roti unyil, makan soti mie, laksa, soto kuning, asinan Bogor, toge goreng, doclang, colenak, es pala, atau nyobain Macaroni Schottel ah bisa naik kadar kolesterol kalau nurutin jajan terus nih.

    Menurut saya, yang harus diketahui oleh orang luar Bogor apabila berkunjung ke Bogor adalah cukup lokasi Jalan Pajajaran, Jl. Ir. H. Juanda, Jalan Surya Kencana, dan kawasan Sukasari, sebab di 4 lokasi ini, kebanyakan lokasi wisata dan lokasi kuliner di kota Bogor dapat di akses semuanya. 

    Juga saya tidak mungkin mereview semua tempat jajan yang ada di Bogor karena cukup banyak, yang saya tampilkan mungkin yang terkenal dan kebetulan pernah icip-icip menunya.

                                                                                                               bersambung ke bagian ke-2
              I.        

    4 komentar:

    1. http://eboody.blogspot.com/2011/10/berwisata-sambil-kuliner-reference.html

      BalasHapus
    2. Kalu dari aiport jakarta ke bogor menaiki taxi berapa lama masanya dan berapa kos taxinya......dan boleh cadangkan hotel hotel disekitar bogor serta kosnya.....terimakasih ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dari Airport ke Bogor sampai Terminal Bogor sekitar IDR 400 K Pak Cik, tidak include biaya toll.

        Pak Cik, bisa nginap di daerah Pajajaran, sebelum Taman Kencana, bilang je ke supir taxi minta antar ke Hotel Pangrango, dekat situ ramai hotel kelas-kelas Melati

        Hapus
    3. Pak kalau mau naik transport umum dari perum rancamaya ke stasiun kereta bogor berapa lama kah... Naik transport nomer brp dan lokasinya dari mana... Trims...

      BalasHapus